Kumpulan Skripsi Matematika (PTK)


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman dalam mengerjakan skripsi yang merupakan tugas akhir kuliah yang wajib diselesaikan oleh setiap mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya. Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah, yag artinya dalam penulisannya menggunakan kaidah-kaidah ilmiah (Mengemukakan pokok-pokok pikiran, menyimpulkan dengan melalui prosedur yang sistematis dengan menggunakan pembuktian ilmiah/meyakinkan). Ada dua kriteria dalam menentukan kadar/tinggi-rendahnya mutu ilmiah suatu penelitian yaitu:

  1. Kemampuan memberikan pengertian yang jelas tentang masalah yang diteliti.
  2. Kemampuan untuk meramalkan: sampai dimana kesimpulan yang sama dapat dicapai apabila data yang sama ditemukan di tempat/waktu lain.

Format Skripsi secara Umum

Secara umum dapat dibagi tiga bagian besar, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.

Pada bagian awal skripsi terdiri dari: Sampul (Cover), halaman judul, lembar persetujuan dan lembar pengesahan, motto/persembahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, lampiran gambar, dan daftar tabel, serta daftar lainnya.

Kemudian pada bagian inti adalah teks skripsi itu sendiri, formatnya berbeda-beda, tergantung jenis penelitiannya. Misalnya untuk format skripsi dengan jenis penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut:

BAB I       PENDAHULUAN

1.1               Latar Belakang Masalah

1.2               Identifikasi Masalah

1.3               Rumusan Masalah

1.4               Tujuan Penelitian

1.5               Manfaat Penelitian

1.6               Definisi Istilah

BAB II      KAJIAN PUSTAKA

BAB III    METODE PENELITIAN

3.1                Rancangan Penelitian

3.2                Subjek, Lokasi, dan Waktu Penelitian

3.3                Teknik Pengumpulan Data

3.4                Teknik Analisis Data

3.5                Hipotesis Tindakan (jika perlu)

BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1                Siklus I

4.2                Siklus II

BAB V       PENUTUP

5.1                Kesimpulan

5.2                Saran

Sedangkan pada bagian akhir terdiri atas daftar pustaka beserta lampiran-lampiran yang melengkapi skripsi. Semua judul bab ditulis di tengah (center), cetak tebal, huruf kapital, jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

Beberapa koleksi skripsi, berikut judul-judulnya:

  1. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif tipe Quick on the Draw (QD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMPN 1 Belawang Kab. Batola Tahun Pelajaran 2010/2011. Download
  2. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Time Token Dalam Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga Di Kelas X.2 SMAN 1 Anjir Muara Tahun Pelajaran 2010/2011. Download
  3. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segi Empat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas VII D MTsN Mulawarman Tahun  Pelajaran 2010/2011.
  4. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (Dua Tinggal-Dua Tamu) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Kurau Tahun Pelajaran 2010-2011.
  5. Hasil Belajar Bangun Segi Empat Dengan Soal Open-Ended Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jorong Tahun Pelajaran 2010/2011.
  6. Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Segiempat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas VII  SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Ajaran 2010 – 2011. Download
  7. Pembelajaran Operasi Perkalian dan Pembagian Materi Pecahan Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas V SD Kristen Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011.
  8. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Resitasi pada Program Linear Kelas X Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011. Download
  9. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Problem Posing  pada Pokok Bahasan Trigonometri di SMA PGRI 1 Banjarmasin Tahun 2010/2011.
  10. Meningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII A MTsN 1 Kurau.
  11. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Berwisata pada Pokok Bahasan Himpunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun Pelajaran 2010/2011.
  12. Peningkatan Hasil dan Aktivitas Pembelajaran Matematika menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VII SMP Anggrek Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011.
  13. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Kumon untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran matematika Siswa Kelas VII A MTsN Awayan Tahun Pelajaran 2010/2011. Download

jika teman-teman menginginkan file-file / isi skripsi yang judulnya ada di atas, silahkan tuliskan permintaan Anda pada kolom komentar, trims.

16 comments on “Kumpulan Skripsi Matematika (PTK)
  1. bunga mengatakan:

    minta file Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Segiempat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas VII SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Ajaran 2010 – 2011.
    thx u.

  2. tita mengatakan:

    minta file kategorisasi standar skor hasil belajar yang versi 2012. thx u

    • ilminaida.com mengatakan:

      standar skor hasil belajar biasanya di tentukan oleh pihak sekolah, sehingga tiap sekolah mungkin berbeda….

  3. yani mengatakan:

    minta yg no 1 dan 2 dong.
    thx….

  4. Muntaafiyah (afi) mengatakan:

    1. Penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw (QD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan siswa kelas VII A SMPN 1 Belawang Kabupaten Batola Tahun Pelajaran 2010/2011

    2.Penerapan model pembelajaran kooperatif metode kumon untuk meningkatkan keaktifan siswa pd pelajaran matematika siswa kelas VII A MTsN Awayan tahun pelajaran 2010/2011

  5. siti khodijah mengatakan:

    saya izin download file yang sudah ada di atas ya. makasih banyak.

  6. nitzmi mengatakan:

    emmm huy skripsi yg lain dc ge kh broooo…. hardisk q rusak bxk skripsi hilng…..

  7. nita mengatakan:

    knp ngak bs di download k??
    tlg krm di emailQ k

    • ilminaida.com mengatakan:

      mau yg mn de?

      • NITA mengatakan:

        yang Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw (QD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMPN 1 Belawang Kab. Batola Tahun Pelajaran 2010/2011.
        TLNG KRM K KAK KE EMAIL Q.. PENTING KAK

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender
November 2014
S S R K J S M
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Kategori

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: