Tips Memilih Perguruan Tinggi (Universitas)

Mungkin sebagian dari lulusan sudah mempunyai planing universitas dan program studi yang akan dipilihnya, namun sebagian lagi masih terasa kebingungan untuk menentukan pilihannya. Hal ini sangatlah wajar, karena pada fase ini bisa menjadi penentu di masa depan.

Untuk itu sebelum memilih Perguruan Tinggi (Universitas), ada 5 hal berikut ini yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa/mahasiswi:

  1. Keinginan / Minat
    Dalam memilih Universitas dan program studi, hal yang paling utama adalah sesuai dengan keinginan atau minat. Coba dalami diri sendiri untuk menggali minat, agar tidak terjadi salah pilih. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa kesalahan memilih Universitas dan program studi akan membuat kita tidak enjoy dalam menjalani masa studi. Jika masih bingung akan minat diri sendiri, silahkan baca artikel Pengaruh Kepribadian Terhadap Bidang Pekerjaan, siapa tahu bisa membantu dalam menentukan pilihan.
  2. Biaya Studi
    Setiap calon mahasiswa/mahasiswi pasti menginginkan bisa masuk ke Universitas favorit yang memiliki program studi sesuai minatnya, namun terbentur masalah biaya karena kondisi finansial orang tua yang tak mencukupi. Karena dalam menmpuh studi ke Perguruan Tinggi tentu ada biaya seperti uang gedung dan SPP, semakin favorit sebuah Universitas biasanya semakin tinggi pula biayanya. Itu belum jika ada tugas membuat makalah, seminar dan praktikum, yang tentunya akan membutuhkan biaya tambahan. Alangkah bijaksananya jika calon mahasiswa/mahasiswi menyesuaikan hal ini, agar tidak semakin membuat beban orang tua menjadi berat.
  3. Lokasi / Tempat
    Semakin jauh jarak lokasi tempat studi dengan tempat tinggal si calon mahasiswa/mahasiswi tentu akan berpengaruh terhadap biaya hidupnya. Biaya hidup ini termasuk transportasi, kost, makan, minum dan kebutuhan lainnya. Berpisah dengan orang tua memang akan dapat menempa kemandirian seseorang, namun perlu disadari juga bahwa orang tua juga perlu mengeluarkan biaya lain selain biaya hidup mereka sendiri. Jika kampus berada di luar kota dan ditempuh dengan cara pulang-pergi setiap hari, tentulah akan sangat melelahkan yang akan mempengaruhi konsentrasi belajar-nya.
  4. Reputasi Universitas
    Mencari tahu informasi Universitas yang akan dimasuki akan lebih membantu dalam menentukan pilihan. Informasi ini bisa dilihat dari brosur-brosur pendidikan, wikipedia atau lewat web resmi yang dimiliki tiap Universitas. Pelajarilah program studi yang disediakan, kondisi kampus, sarana dan prasarana serta status Universitas tersebut. Mencari informasi ini diperlukan, baik dalam memilih Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.
  5. Prospek ke Depan
    Sudah menjadi alasan yang umum jika meneruskan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi adalah sebagai sarana agar bisa mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih tinggi saat bekerja nanti. Dan keahlian yang paling dibutuhkan perusahaan biasanya akan menjadi program studi paling favorit. Namun yang perlu disadari bahwa pada program studi favorit pasti peminat dan jumlah siswanya sangat banyak, sementara lapangan pekerjaan yang tersedia tidak cukup memadai. Dalam hal ini akan membutuhkan kejelian calon mahasiswa/mahasiswi dalam memilih program studi yang akan diambil. Saat ini tidak sedikit lulusan Perguruan Tinggi favorit yang memilih prgoram studi favorit malah menganggur karena kalah dalam bersaing.

Demikianlah 5 hal yang perlu diperhatikan oleh seorang calon mahasiswa/mahasiswi dalam memutuskan pilihan Perguruan Tinggi dan program studi yang akan diambilnya. Namun yang paling penting yang harus dimiliki adalah Niat. Jika niat sudah besar ditambah tekad yang bulat, meskipun ada kendala apapun (termasuk biaya), maka orang tersebut akan berusaha mencari solusi untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi pilihannya. Selamat berjuang untuk meraih masa depan yang lebih baik.

semua hal yang terjadi bukan tanpa sebab, dan pasti akan menimbulkan akibat, hanya tergantung pada masing-masing individu yang berbeda dalam menanggapinya. jadikan hidup ini untuk memberi sebanyak-banyaknya dan berbagi hal-hal yang positif adalah jalan untuk menggapai hidup yang sebenarnya.

Ditulis dalam Sosiologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender
Mei 2012
S S R K J S M
    Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Kategori

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: