Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman dalam mengerjakan skripsi yang merupakan tugas akhir kuliah yang wajib diselesaikan oleh setiap mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya. Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah, yag artinya dalam penulisannya menggunakan kaidah-kaidah ilmiah (Mengemukakan pokok-pokok pikiran, menyimpulkan dengan melalui prosedur yang sistematis dengan menggunakan pembuktian ilmiah/meyakinkan). Ada dua kriteria dalam menentukan kadar/tinggi-rendahnya mutu ilmiah suatu penelitian yaitu:
- Kemampuan memberikan pengertian yang jelas tentang masalah yang diteliti.
- Kemampuan untuk meramalkan: sampai dimana kesimpulan yang sama dapat dicapai apabila data yang sama ditemukan di tempat/waktu lain.
Format Skripsi secara Umum
Secara umum dapat dibagi tiga bagian besar, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.
Pada bagian awal skripsi terdiri dari: Sampul (Cover), halaman judul, lembar persetujuan dan lembar pengesahan, motto/persembahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, lampiran gambar, dan daftar tabel, serta daftar lainnya.
Kemudian pada bagian inti adalah teks skripsi itu sendiri, formatnya berbeda-beda, tergantung jenis penelitiannya. Misalnya untuk format skripsi dengan jenis penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Rumusan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian
1.6 Definisi Istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian
3.2 Subjek, Lokasi, dan Waktu Penelitian
3.3 Teknik Pengumpulan Data
3.4 Teknik Analisis Data
3.5 Hipotesis Tindakan (jika perlu)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Siklus I
4.2 Siklus II
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
Sedangkan pada bagian akhir terdiri atas daftar pustaka beserta lampiran-lampiran yang melengkapi skripsi. Semua judul bab ditulis di tengah (center), cetak tebal, huruf kapital, jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12.
Beberapa koleksi skripsi, berikut judul-judulnya:
- Penggunaan Pembelajaran Kooperatif tipe Quick on the Draw (QD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMPN 1 Belawang Kab. Batola Tahun Pelajaran 2010/2011. Download
- Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Time Token Dalam Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga Di Kelas X.2 SMAN 1 Anjir Muara Tahun Pelajaran 2010/2011. Download
- Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segi Empat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas VII D MTsN Mulawarman Tahun Pelajaran 2010/2011.
- Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (Dua Tinggal-Dua Tamu) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Kurau Tahun Pelajaran 2010-2011.
- Hasil Belajar Bangun Segi Empat Dengan Soal Open-Ended Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jorong Tahun Pelajaran 2010/2011.
- Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Segiempat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas VII SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Ajaran 2010 – 2011. Download
- Pembelajaran Operasi Perkalian dan Pembagian Materi Pecahan Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas V SD Kristen Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011.
- Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Resitasi pada Program Linear Kelas X Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011. Download
- Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Problem Posing pada Pokok Bahasan Trigonometri di SMA PGRI 1 Banjarmasin Tahun 2010/2011.
- Meningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII A MTsN 1 Kurau.
- Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Berwisata pada Pokok Bahasan Himpunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun Pelajaran 2010/2011.
- Peningkatan Hasil dan Aktivitas Pembelajaran Matematika menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VII SMP Anggrek Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011.
- Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Kumon untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran matematika Siswa Kelas VII A MTsN Awayan Tahun Pelajaran 2010/2011. Download
jika teman-teman menginginkan file-file / isi skripsi yang judulnya ada di atas, silahkan tuliskan permintaan Anda pada kolom komentar, trims.
minta file Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Segiempat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas VII SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Ajaran 2010 – 2011.
thx u.
mohon di tunggu hingga senin, 16 april 2012
minta file kategorisasi standar skor hasil belajar yang versi 2012. thx u
standar skor hasil belajar biasanya di tentukan oleh pihak sekolah, sehingga tiap sekolah mungkin berbeda….
minta yg no 1 dan 2 dong.
thx….
silahkan di download . . .
1. Penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw (QD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan siswa kelas VII A SMPN 1 Belawang Kabupaten Batola Tahun Pelajaran 2010/2011
2.Penerapan model pembelajaran kooperatif metode kumon untuk meningkatkan keaktifan siswa pd pelajaran matematika siswa kelas VII A MTsN Awayan tahun pelajaran 2010/2011
file ini sdh ada,silahkn klik pada : download
file yang no.13 blm bisa di download. Mohon file tersebut.
Syukon..
saya izin download file yang sudah ada di atas ya. makasih banyak.
ya,,, di izinkan,,,
emmm huy skripsi yg lain dc ge kh broooo…. hardisk q rusak bxk skripsi hilng…..
ada lumayan banyak . . .
knp ngak bs di download k??
tlg krm di emailQ k
mau yg mn de?
yang Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw (QD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMPN 1 Belawang Kab. Batola Tahun Pelajaran 2010/2011.
TLNG KRM K KAK KE EMAIL Q.. PENTING KAK