Pengukuran Aktivitas Siswa


Aktivitas siswa diukur dengan menggunakan skala Guttman. Skala Guttman ialah skala yang digunakan untuk jawaban yang bersifat jelas (tegas) dan konsisten. Misalnya Yakin – tidak yakin, ya – tidak, setuju – tidak setuju, dan lain sebagainya. Skala Guttman disamping dapat dibuat bentuk pilihan ganda dan bias juga dibuat dalam bentuk checklist. Jawaban responden dapat berupa skor tertinggi bernilai (1) dan skor terendah (0). Misalnya jawaban Benar (1) dan Salah (0). Analisis dilakukan seperti pada skala Likert (Riduwan, 2008:91).

Data tentang aktivitas siswa diambil dengan lembar observasi aktivitas siswa. Dengan 3 observer yaitu Anwar Fuadi, M. Isnaini, dan Fauzani Azhmi. Ketentuan dalam memberi checklist  pada setiap butir item yang terdapat dalam lembar observasi aktivitas siswa adalah dengan rentang skor 0 sampai 1, yaitu skor 1 untuk aktivitas yang dikerjakan dan skor 0 untuk aktivitas yang tidak dikerjakan

Klasifikasi skor untuk jumlah setiap aktivitas siswa secara individual diperoleh dari hasil kali antara bobot penilaian, jumlah item aktivitas siswa yang dinilai dan jumlah siswa. Sedangkan perhitungan Skala Guttman pada aktivitas siswa secara individual diperoleh dari penjumlahan hasil perkalian antara bobot penilaian dan jumlah aktivitas yang dilaksanakan siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender
Desember 2016
S S R K J S M
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Kategori

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: