Teknik Pengelompokan dengan Model Kooperatif


Sesuai dengan salah satu prinsip pembelajaran kooperatif, pembagian kelompok didasarkan pada heterogenitas siswa. Anggota kelompok harus diupayakan agar berbeda kemampuannya dengan maksud agar anggota-anggota kelompok yang berkemampuan lebih rendah dapat meningkat kemampuannya setelah berinteraksi dengan anggota berkemampuan lebih tinggi. Dengan kata lain, pengelompokan siswa melalui belajar kooperatif ini mengupayakan agar siswa dengan kemampuan yang lebih tinggi dapat memberi pengaruh  positif kepada siswa yang lebih rendah. Upaya ini sesuai dengan pernyataan yang dipopulerkan oleh Johnson dan Johnson (2001), yaitu swim or sink together. Selain pengaturan anggota kelompok berdasarkan kemampuan, pembagian anggota kelompok juga memperhatikan besarnya jumlah anggota di dalam sebuah kelompok. Kelompok  belajar  kooperatif  sebaiknya  mengusahakan  agar  jumlah  anggota dalam sebuah kelompok  tidak terlalu besar, berkisar antara 4-5 orang, agar terjadi interaksi belajar yang aktif antara anggota kelompok lain dan guru lebih mudah menguntrol siswa. (http://www.mercubuana.ac.id/file/7-Ghazali.pdf, diakses Jumat, 23 Juli 2011).

Menurut Rusman (2010:204) berkenaan dengan pengelompokan siswa dapat ditentukan berdasarkan atas: (1) Minat dan bakat siswa, (2) Latar belakang kemampuan siswa, (3) Perpaduan antara minat dan bakat siswa dan latar kemampuan siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender
Desember 2016
S S R K J S M
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Kategori

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: